#aku

Inilah Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB – Mengkoneksikan laptop/PC dengan Android Bisa memakai banyak tutorial Disorientasi satunya Yaitu koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB. Kabel USB ini tak hanya mendukung perangkat Android yang digunakan aja akan tetapi juga perangkat Android yang lain. Kabel USB umumnya mempunyai dua ujung, Yaitu microUSB atau USB Type-B Micro yang biasanya dicolokkan di perangkat Android dan konektor standar-A USB yang biasanya dipakai Bagaikan charger atau Bisa juga untuk membuat koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB. Jenis kabel USB yang paling banyak beredar dan digunakan di ini Yaitu versi 2.0. Apapun jenis perangkat Android yang digunakan asalkan mempunyai soket berjenis microUSB, maka perangkat Bisa disambungkan dengan berbagai tipe kabel USB yang juga mempunyai Disorientasi satu ujung microUSB. Bagaikan contohnya bila kita wajib mengirim file yang ada di laptop secepatnya namun tak mempunyai akses jaringan internet, maka kawan Bisa menjalankan tethering dengan perangkat Android yang digunakan. Disorientasi satu caranya tentu dengan menjalankan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB.

Koneksi Perangkat Android Ke Laptop PC Dengan Kabel USB

Tak hanya mendukung proses tethering aja, kabel USB juga Bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat Android serta menghubungkan perangkat Android dengan komputer. Dengan menjalankan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB maka kawan Bisa mentransfer data dari perangkat Android ke laptop/PC begitu juga sebaliknya. Data yang Bisa ditransfer melalui koneksi antara kedua perangkat Itu pun Bisa bermacam-macam jenisnya, Berawal Dari dari foto, lagu, video, serta file-file dokumen lainnya. Transfer data melalui USB di Android ke PC/laptop dan sebaliknya pun disebut-sebut lebih Genjah. Namun, saat kawan-kawan sedang menjalankan proses transfer data memakai koneksi perangkat Android ke komputer dengan kabel USB ini sangat penting untuk menjalankan back up di data-data penting yang kawan miliki sehingga data-data Itu tetap aman dan tak akan hilang bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan seperti kerusakan di perangkat Android ataupun hilangnya perangkat Itu. di karenakan kabel USB ini sering dipakai untuk menyimpan data, maka kabel yang satu ini juga populer dengan sebutan kabel data. Disorientasi satu keuntungan memakai kabel USB ini bila akan memindahkan data ke laptop/PC Yaitu perangkat Android akan Empati dicas di waktu bersamaan. Nah, di karenakan menjalankan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB Bisa berbeda tutorial sesuai dengan versi Androidnya, nah, untuk mengetahuinya lebih lengkap mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Koneksi Perangkat Android Ke Laptop Dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB di Android Kitkat dan Setelahnya

Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan saat kawan menjalankan atau membuat koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB di Android Kitkat dan setelahnya:

  1. Hal yang pertama dilakukan saat akan membuat koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB di Android Kitkat dan setelahnya tentu aja, hubungkan terlebih Dulu perangkat Android yang digunakan dengan laptop atau komputer memakai kabel USB atau kabel data.
  2. Seusai itu, saat kawan menghubungkan kabel USB di kedua perangkat, biasanya di komputer atau PC akan muncul notifikasi koneksi USB. Bukalah notifikasi Itu dengan tutorial menggeser layar ke bawah dan klik di gambar USB.
  3. Sementara itu, perangkat Android dengan cara default akan tersambung ke komputer dengan metode MTP (“connected as media device”) untuk melihat opsi koneksi USB yang lain, klik di notifikasi Itu dan akan muncul satu lagi opsi, Yaitu Camera (PTP)
  4. bila kawan memilih koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB di Android Kitkat dan setelahnya ini memakai metode MTP (Media Transfer Protocol), maka komputer hanya akan menganggap perangkat Android yang digunakan, bagus itu smartphone ataupun tablet Bagaikan media penyimpanan file. Sehingga perangkat Android pun dengan cara otomatis akan terbaca di komputer Bagaikan tempat penyimpanan data atau file. Dengan metode ini, kawan Bisa memindahkan, menyalin, atau mentransfer berbagai macam data dari perangkat Android ke laptop/PC dan begitu juga sebaliknya. Komputer yang memakai sistem operasi Apple Mac juga mempunyai fitur koneksi ini namun fitur ini mempunyai nama AFT (Android File Transfer). bila kawan sudah menghubungkan perangkat Android ke komputer dengan metode MTP, maka smartphone atau tablet Android Itu hanya akan terdeteksi Bagaikan suatu folder yang disimbolkan dengan ikon handphone dan berisi dengan file-file yang Bisa dibuka dengan komputer.
  5. Nah, bila kawan menjalankan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB di Android Kitkat dan setelahnya Itu memakai metode PTP (Pictures Transfer Protocol) maka komputer akan menganggap perangkat Android yang terhubung Itu Bagaikan suatu kamera. Sehingga transfer foto dari perangkat Android ke laptop/PC memakai software kamera. di komputer, bila kawan telah Mengakses Windows Explorer, perangkat Android akan terlihat seperti suatu kamera sehingga data yang Bisa ditransfer hanya data atau file yang mempunyai kaitan dengan kamera aja seperti gambar atau video. Pilihan metode PTP ini biasanya akan digunakan untuk perangkat Android yang tak mendukung transfer dengan metode MTP. Selain itu, koneksi dengan metode PTP merupakan koneksi standar untuk komputer dengan kamera digital.

Nah, itulah tahapan tutorial membuat koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB di Android Kitkat dan setelahnya. Dari informasi di atas, Bisa diketahui bahwa koneksi antara perangkat Android versi Kitkat dan setelahnya ke laptop/PC via kabel USB Bisa dilakukan dengan dua metode, Yaitu media device (MTP) dan Camera (PTP). Untuk mentransfer file-file Generik yang berjenis dokumen sebaiknya gunakan metode media device (MTP) di karenakan metode Camera (PTP) hanya mendukung file-file yang Herbi dengan kamera aja seperti gambar dan video. Berikutnya, Begawei akan membagikan informasi mengenai tutorial membuat koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB di Android Jelly Bean dan Sebelumnya.

Koneksi Perangkat Android Ke PC Dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke laptop/PC dengan Kabel USB di Android Jelly Bean dan Sebelumnya

Berikut ini Yaitu tutorial untuk membuat koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB di Android Jelly Bean dan sebelumnya:

  1. Sebelum memilih opsi koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB di Android Jelly Bean dan sebelumnya, sambungkan terlebih Dulu perangkat Android ke komputer.
  2. Lalu, biasanya akan diikuti dengan munculnya notifikasi koneksi USB.
  3. Bukalah notifikasi Itu dengan tutorial menggeser layar ke bawah atau ke atas atau Bisa juga dengan klik ikon USB sesuai dengan letak notifikasi bar yang ada di perangkat Android kawan. Klik notifikasi itu untuk mengetahui opsi koneksi USB yang ditawarkan perangkat Android.
  4. Pilihan koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB di Android Jelly Bean dan sebelumnya biasanya terdiri dari empat macam, Yaitu USB Storage, Media Device (MTP), Camera (PTP), dan charge only.
  5. bila kawan memilih metode USB Mass Storage (UMS), maka sistem operasi di perangkat Android biasanya akan berhenti bekerja selama beberapa di untuk mengijinkan komputer Mengakses seluruh memori yang ada di perangkat Android. Dengan begitu, Software lain pun tak Bisa bekerja selama perangkat Android masih tersambung dengan komputer. di karenakan Bisa Mengakses seluruh isi perangkat Android, maka metode UMS ini mempunyai standard protocol yang Serupa seperti flashdrive atau external drive. bila perangkat Android mendukung metode UMS dan kawan memilih metode ini untuk menjalankan koneksi maka, kita biasanya diminta untuk klik perintah “Turn on USB Storage”, setelah itu akan muncul notifikasi di layar perangkat yang menunjukkan bila sejumlah Software akan berhenti dan tak tersedia hingga Menghentikan koneksi dengan metode UMS ini. Dengan metode UMS ini, perangkat Android akan terlihat seperti suatu penyimpanan data tersendiri di Windows Explorer. Drive: E untuk menampilkan memori SD card dan drive: H untuk menampilkan memori dari perangkat Android lain.
  6. Namun, bila kawan memilih opsi koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB di Android Jelly Bean dan sebelumnya Itu memakai metode Media Device (MTP), maka saat kawan Mengakses Windows Explore yang ada di komputer akan terlihat folder dengan ikon bergambar ikon penyimpanan data biasa. Bentuk ikon media penyimpanan yang ditampilkan komputer bila menjalankan koneksi dengan metode MTP akan berbeda dengan metode UMS.
  7. Seperti di Android versi Kitkat dan setelahnya, koneksi perangkat Android versi Jelly Bean dan sebelumnya juga mempunyai opsi Camera (PTP). bila kawan memilih untuk menjalankan koneksi dengan metode PTP, maka perangkat Android akan terlihat seperti suatu folder dengan ikon camera yang di dalamnya berisi file-file yang hanya berkaitan dengan kamera aja seperti video dan foto.
  8. Yang membedakan koneksi perangkat Android ke Komputer dengan kabel USB di Android Jelly Bean dan sebelumnya dengan versi Kitkat dan setelahnya Yaitu adanya opsi koneksi charger only. bila kawan memilih opsi koneksi yang satu ini, maka komputer tak akan mendeteksi perangkat Android Itu dan hanya menjalankan pengisian daya (charge) para perangkat Android yang terhubung dengan komputer.

Tahapan menjalankan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB di Android Jelly Bean dan sebelumnya memang menawarkan pilihan yang lebih banyak ketimbang Kitkat dan setelahnya. Nah, bila kawan belum tahu versi Android yang ada di perangkat langsung hubungkan aja perangkat Itu dengan komputer via kabel USB. Untuk koneksi yang pertama kalinya, biasanya komputer akan terlebih Dulu menginstall driver untuk mendukung koneksi Itu. Tunggu hingga proses instalasi driver selesai dan layar memunculkan notifikasi “device is ready to use”. Untuk koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB di Android versi Kitkat dan setelahnya biasanya perangkat Android akan langsung terdeteksi di Windows Explorer sesuai dengan namanya. Namun, bila perangkat memakai Android Jelly Bean ke bawah kawan akan diminta klik tulisan “Turn on USB Storage”. Sebelum mengklik perintah itu, tunggu sebentar hingga nama perangkat Android muncul di Windows Explorer.

Koneksi Perangkat Android Ke Komputer Dengan Kabel USB

Nah, ternyata menghubungkan perangkat Android ke komputer dengan memakai kabel USB Bisa dilakukan dengan mudah, bukan? Meskipun pilihan koneksinya di Android versi Kitkat ke atas dan Jelly Bean ke bawah sedikit berbeda, namun dengan mempraktikan langkah-langkah yang telah Begawei berikan di atas, tentu kawan tak akan lagi kesulitan untuk menjalankan koneksi apapun versi Androidnya. hingga di sini Dulu ya informasi mengenai koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB yang Bisa Begawei bagikan. Baca juga ulasan menarik lainnya mengenai  tutorial Memperbaiki Harddisk Eksternal dan tutorial Mirror PC Windows dengan Wireless Display.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih