#aku

Tips tutorial Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” di Android


Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan bagikan tutorial mengenai tutorial mengatasi sayangnya Google Play Store telah berhenti, force close di hp Android. Google play store Yaitu Disorientasi satu Software penting dan wajib yang berada di sistem operasi android. Dengan adanya google play store kita Bisa Menelusuri Software apa aja yang tersedia di google play store tanpa takut mengunduh Software yang Disorientasi seperti mengunduh apk di situs yang tak tau aman atau tak.

Tapi sayangnya di balik sebuha Software yang sangat membantu Itu terkadang juga menemukan suatu error di google play store, seperti; Google Play Store Has Been Stopped, Unfortunately Google Play Store Has Stopped, atau Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti. Atau Bisa juga google play store berhenti dengan cara tiba-tiba dan nggak jarang mendapatkan force close.

Baca juga:
tutorial Mengubah Kuota Videomax Jadi Kuota Biasa
tutorial Mengatasi “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti”

Masalah yang terjadi seperti ini tak memandang merk, hampir semua merk Bisa terjadi hal seperti itu. seperti merk; Smartfreen, Samsung Galaxy, Lenovo, Asus, HTC, Xiomi, LG, Sony, Advan, Xperia, Oppo, serta merek smartphone Android lainnya. Banyak error yang terjadi di sistem operasi android versi Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop. Error Itu Bisa dikarenakan di karenakan beberapa faktor, seperti; memori RAM yang penuh, error di Software, dan lain-lain.


tutorial Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti


Metode 1: Hapus Cache di Software Google Play Store
Untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti atau force close, Bisa mencoba tutorial ini. di karenakan dengan penumpukan file cache membuat ruang di memori RAM Jadi berkurang. Sehingga ruang kosong yang masih tersisa hanya sedikit untuk menjalankan Software dan mengakibatkan error yang terkadang force close dengan cara tiba-tiba. Solusinya Yaitu dengan menghapus file cache Itu yang berfungsi supaya ruang memori di RAM cukup untuk menjalankan Software google play store dan Software yang lainnya.

Ada 2 tutorial menghapus cache di Software Yaitu dengan memakai tutorial manual dan memakai Software pihak ke tiga Yaitu Software cleaner (Ccleaner, Clean Master, dll) yang di khususkan untuk membersihkan junk file dan cache di Software. Tapi disini rafsablog akan memakai tutorial manual dengan memakai sistem operasi android versi Lolipop. Langkah-langkahnya seperti berikut.

Pertama buka Pengaturan > pengaturan Tambahan > Manajemen Software > Cari "Google Play Store" > setelah itu klik Hapus Cache.

Metode 2: Hapus Data dan Hentikan Software Google Play Store dengan cara Paksa
tutorial ini (untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti) Bisa kalian lakukan saat kalian sudah mencoba tutorial yang pertama dan belum sukses. Dengan tutorial ini hanya data di Software akan terhapus akan tetapi tak menghapus Software. Data yang terhapus seperti; cache, history pencarian, login user dan Perkataan sandi, dan lain-lain. Ini tak menghapus Software akan tetapi hanya menghapus data untuk sementara aja. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama buka Pengaturan > pengaturan Tambahan > Manajemen Software > Semua > Cari "Google Play Store" > setelah itu klik Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Metode 3: Update Versi Terbaru Google Play Store
Untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti selanjutnya dengan mengupdate versi terbaru dari google play store. Dengan mengupdate google play store ke versi terbaru maka bug atau error yang berada di Software google play store akan dengan otomatis diperbaiki dan diperbarui. kalian Bisa mendownload versi apknya lewat browser kesayangan kalian di android.

Baca juga:
Metode 4: Uninstall dan Install Kembali Google Play Store
bila menghapus cache dan memperbarui versi google play store tak sukses juga, maka saya sarankan untuk menguninstall dan install kembali google play store di hp android kalian. bila kalian belum punya apknya, kalian Bisa download versi apknya Software google play store. Dan sebelum menginstall apk wajib uninstall terlebih Dulu google play store yang lama. tutorial uninstall seperti berikut.

Pertama buka Pengaturan > pengaturan Tambahan > Manajemen Software > Cari "Google Play Store" > setelah itu klik Hapus Instalasi.

Lalu Seusai Software google play store yang lama sudah di hapus sekarang kita install google play store untuk apknya. tutorial menginstall sebelumnya wajib mengaktifkan izin penginstallan Software dari sumber tak di kenal terlebih Dulu, tutorial mengaktifkannya Bagaikan berikut.

Pertama buka Pengaturan > Kemanan dan privasi > Aktifkan "izin penginstallan Software dari sumber tak di kenal" dengan tutorial klik on di Sumber tak di kenal.

Metode 5: Matikan Android, Bubut Baterai, dan SIM Card
bila metode ke-4 masih belum sukses maka selanjutnya coba kalian matikan android kalian, lalu Bubut baterai dan SIM card di hp android kalian. kalian diamnkan selama beberapa di supaya daya di baterai tak masuk di android, lalu masukkan kembali sim card dan baterai di hp android dan coba nyalakan kembali.

Metode 6: memakai Mode Factory Reset
bila semua metode di atas belum juga sukses, kalian Bisa mencoba mode yang sangat jarang di gunakan untuk masalah sepele seperti itu, Yaitu mode factory reset. Mode factory reset Yaitu dimana semua Software yang terinstall dan data yang berada di memori internal akan terhapus, dan hp kalian akan Jadi seperti baru lagi. Untuk memakai mode factory reset tak saya jelaskan disini, akan tetapi kalian Bisa mencarinya di mesin Telusur.

Mungkin itu Dulu artikel kali ini mengenai tutorial mengatasi sayangnya google play store telah berhenti di android.
Semoga Bermanfaat :)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih