#aku

Tips Apa itu WannaCry dan tips Mencegahnya


Apa itu Wannacry dan tips Mencegahnya
Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini saya akan membahas mengenai virus yang di ini menghebohkan jagat raya, Yaitu Ransomware jenis WannaCry. hingga banyak yang heboh di beranda sosmed saya wkwk. Apa itu Wannacry dan tips Mencegahnya.

Tag
Apa itu ransomware wannacry
tips mencegah ransomware wannacry
Wanna cry
Wanna cry virus
Wanna cry ransomware
Wanna cry patch
Wannacry
Wannacrypt

Apa itu WannaCry?
Wannacry Yaitu virus program ransomware yang tujuan targetnya Yaitu untuk menyerang operating sistem Windows. Menyerang dan meng-encrypt data-data penting yang berada di windows Itu.

di hari jum'at tanggal 12 mei 2017 kemarin, wannacry ini Berawal Dari di luncurkan dan menyerang banyak komputer di banyak negara. Lebih dari 230.000 komputer di 150 negara telah Jadi korbannya.

Virus ini menuntut untuk membayar dengan mata uang bitcoin. Mata uang bitcoin Yaitu virtual money atau mata uang di bentuk virtual. 1 bitcoin Seandainya di rupihakan, sekarang sudah mencapai di atas 23 juta.

Ini Yaitu hasil convert BTC to IDR yang saya coba di senin, 15 mei 2017.
Apa itu Wannacry dan tips Mencegahnya

Banyak yang meyakini bahwa WannaCry memakai eksploitasi EternalBlue, yang di kembangkan oleh Badan Keamanan Nasional A.S untuk menyerang komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows.

Tak lama Seusai Agresi 12 Mei, beberapa baris kode ditemukan oleh peneliti anti-malware, kode ini berfungsi Bagaikan kill switch, dan telah diaktifkan oleh peneliti.

Ini untuk sementara menghentikan penyebaran virus. Kode awalnya dilaporkan di media Bagaikan built-in kill switch; Namun, beberapa analis menyimpulkan bahwa itu Yaitu kesalahan pemrograman.

Infeksi vektor yang diklaim, EternalBlue, dirilis oleh kelompok hacker The Shadow Brokers di 14 April 2017, bersama dengan alat lain yang tampaknya bocor dari Equation Group, yang diyakini merupakan bagian dari United States National Security Agency

EternalBlue mengeksploitasi kerentanan MS17-010 di implementasi protokol Server Message Block (SMB) Microsoft. Microsoft telah merilis suatu "Critical" advisory, bersamaan dengan update patch untuk mengatasi kerentanan Itu sebulan sebelumnya, di tanggal 14 Maret 2017.

Patch ini memperbaiki beberapa versi workstation dari sistem operasi Microsoft Windows termasuk Windows Vista dan Windows 8 serta versi server seperti Windows Server 2008, namun bukan Windows XP yang lebih tua, menurut Microsoft.

Berawal Dari 21 April 2017, periset keamanan Berawal Dari melaporkan bahwa komputer dengan backdoor DOUBLEPULSAR terpasang berada di puluhan ribu komputer.

di 25 April, laporan memperkirakan jumlah komputer yang terinfeksi Bisa mencapai beberapa ratus ribu, dengan jumlah bervariasi antara 55.000 hingga hampir 0.000, tumbuh setiap hari.

tips Mencegah Infeksi Ransomware WannaCry
Mengenai korban di seluruh dunia, Indonesia sendiri telah Jadi korbannya. Dua rumah sakit di jakarta telah positif terinfeksi virus yang digambarkan oleh Europol Bagaikan skala yang belum Sempat terjadi sebelumnya ini.

Seusai penyerang virus itu terjadi, kominfo tak tinggal diam. di situs resminya kominfo.go.id, pihak kominfo membuat siaran pers mengenai tips pencegahan dari virus jenis Wannacry ini.

Berikut pencegahan supaya tak terinfeksi virus ransomware wannacry:
  1. Bubut Kabel LAN atau Wifi yang terkoneksi
  2. Lakukan backup data
  3. Update Anti-Virus
  4. Update security terbaru di windows sobat dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh pihak microsoft. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx 
  5. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  6. Non aktifkan fungsi SMB v1
  7. Block 139/445 & 3389 Ports
  8. Ulangi, selalu backup file file penting di komputer kalian dan di simpan backupnya ditempat lain.

tips Menonaktifkan Fungsi SMB v1 Dikomputer Windows
  1. Tekan tombol windows + R
  2. Ketik "optionalfeatures"
  3. setelah itu hapus centang SMB 1
Atau silahkan baca tutorial lengkap dari situs resmi windows: support.microsoft.com

tips Menonaktifkan Fungsi Macros
1. Pertama sobat masuk run Dulu dengan tips pencet dombol windows+R
2. Ketik Regedit, lalu enter.
3. Masuk sini "HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindows Script HostSettings"

4. Di bagian Name, klik Enabled 2x, lalu bila valuenya 1 ganti Jadi 0

5. Klik OK

tips Block 139/445 & 3389 Ports
1. Buka run (Windows+R)
2. ketik wf.msc lalu enter
3. Di bagian windows firewall advanced setting security, pilih Inbound Rules

4. Seusai pilih Inbound Rules, lalu klik kanan pilih New Rule

5. Setelh itu di bagian option, pilih Port, lalu klik Next

6. Lalu masukan port yang akan kita block, 139,445,3389. Klik Next
 

7. Pilih Block the connection, Klik Next
 

8. Di bagian Name, Afeksi nama terserah sobat. Klik Finish

-

Seandainya menurut saya pribadi yang penting data-data sudah di backup aja sudah menjalankan langkah awal untuk mengantisipasi terjadinya Agresi wannacry.

Pindahin data-data penting yang berada di operating sistem windows. Simpan di OS selain windows, linux contohnya, biar aman sob. Seandainya PC sobat tak dualboot dengan linux, sobat Bisa menyimpan file penting di di flashdisk atau HDD eksternal.

Atau sobat Bisa mencoba membackup dengan tips membuat system image.
Tutorialnya ada di google dengan keyword "tips backup windows", maaf saya belum Sempat membuat tutorial ini hehe.

Mungkin itu aja bahasan kali ini mengenai wannacry. Apa itu Wannacry dan tips Mencegahnya.
Semoga info ini bermanfaat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih