#aku

Tips Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula


Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula - Membangun suatu website profesional pastinya memerlukan layanan hosting untuk menunjang pengoperasian website Itu. Sebetulnya sangat mudah untuk menemukan provider hosting, kita hanya wajib mengetik Perkataan kunci "hosting" di Google maka akan muncul puluhan situs penyedia yang menawarkan berbagai layanan unggulan mereka.

Masalahnya Yaitu, kita tak mungkin berlangganan di layanan itu satu per satu sekedar untuk mengetahui mana yang cocok dan mana yang Anemia cocok. Untuk itulah review dari Pemakai lain sangat Jadi bacaan wajib.

bila kita sedang membaca tulisan ini, mungkin kita Yaitu orang yang berencana membuat website atau sudah mempunyai website namun tengah Menelusuri layanan hosting yang lebih Bisa diandalkan. Well, review ini saya buat dengan sudut pandang netral sehingga Evaluasi terhadap subjek Bisa dikatakan relevan.

Review kali ini akan membahas satu layanan hosting lokal bernama DomaiNesia. Terlepas kita Sempat mendengarnya atau tak, namun Seusai saya menelusuri lebih di terkait kemampuan dan fitur di dalamnya, saya menyimpulkan kalimat yang tepat untuk hosting yang satu ini: hosting terbaik untuk pemula.

Apa yang membuatnya mendapat gelar terbaik dan mengapa untuk pemula? Review berikut ini akan mengulasnya lebih di.

Review DomaiNesia: Hosting Terbaik untuk Pemula


Kesan Pertama

hosting murah, paket hosting murah, domain murah, review domainesia,
Tema latar website berubah-ubah sesuai waktu: pagi, siang, sore, dan malam

DomaiNesia didirikan di 2009, berpusat di Yogyakarta. di ini telah melayani puluhan ribu customer dari seluruh Indonesia dan mancanegara. Lokasi servernya berada di Amerika Serikat, Jepang, Singapura, dan tentunya Indonesia. Ciri khas dari situs DomaiNesia Yaitu tampilan bergaya modern Flat UI yang didominasi warna biru.

Tata letak situsnya terhitung snagat sederhana dan memudahkan Pemakai, apalagi awam yang baru terjun ke dunia website. Hanya ada 4 menu utama di Hepotenusa atas yang Jadi gerbang untuk Mengakses layanan lainnya. Sejauh ini tak ada kesulitan untuk mengenali lingkup interface DomaiNesia.


Tampilan Client Area

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
Client Area di DomaiNesia sangat minimalis

Client area Yaitu halaman untuk pelanggan untuk mengontrol konfigurasi akun, seperti layanan yang dipakai, informasi billing, status server, opsi dukungan, dan sebagainya. saat banyak situs hosting terkenal memakai tampilan mainstream ala WHMCS, DomaiNesia justru mendesain halamannya sendiri. Untuk kita yang belum tahu tampilan WHMCS, berikut screenshot-nya:

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
WHMCS sudah mendunia, akan tetapi visualnya terlalu kompleks

Di Client Area DomaiNesia semua menu diletakkan di Hepotenusa kiri. Hanya terdapat menu Services, My Domains, Billing, Support, dan Affiliate serta menu tambahan lain di ikon plus ( + ). Sejatinya menu-menu Itu memang yang paling sering diakses oleh pengelola website.

Walaupun saya sudah terbiasa dengan model tampilan WHMCS, akan tetapi wajib diakui DomaiNesia sukses mengeksekusi style Client Area yang rapi, sederhana, dan tak rumit.


Kecepatan

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
Data dari Google yang menunjukkan bahwa situs dengan kecepatan yang bagus lebih diperhatikan mesin Telusur

Disorientasi satu faktor yang diperhitungkan Google untuk website Yaitu kecepatannya. Di luar desain serta File website, peran hosting sangatlah strategis untuk hal ini. DomaiNesia memberanikan diri dengan hanya menyediakan SSD untuk keperluan hosting. Sudah bukan Jadi rahasia lagi bahwa SSD mempunyai kecepatan read/write yang terlampau jauh dibanding pendahulunya, HDD.

Berikut Yaitu perbandingan kecepatan (Response Times) Disorientasi satu hosting populer dengan DomaiNesia:

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
Kecepatan Disorientasi satu provider hosting dari luar negeri

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
Performa kecepatan DomaiNesia

Di Hepotenusa lain, di samping Software SSD, ada faktor lain yang juga turut ambil bagian di performa website, yakni dukungan Cloudflare. Beruntungnya DomaiNesia sudah mengadopsi teknologi Cloudflare Railgun, fitur yang memungkinkan kompresi website hingga 99,6%. Jadi untuk masalah kecepatan, sepertinya tak ada yang wajib dikhawatirkan.


Status Server

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
99% up-time? Apa maksudnya ini?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, DomaiNesia menyediakan server berbasis SSD di empat negara yakni Indonesia, Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat. Lantas bagaimana dengan up-time atau durasi keaktifannya? DomaiNesia menggaransi status up-time hingga 99,9%.

bila diakumulasikan, ini artinya bila hosting kita menemui down selama 2 menit atau lebih di sebulan, kita akan menerima kredit (potongan biaya hosting) Bagaikan kompensasi. Jumlahnya bergantung berapa lama layanan Itu down. Untuk lebih jelasnya Bisa mengunjungi halaman Terms of Service DomaiNesia.

Kenapa tak 100% ?

di ini up-time yang berani dijanjikan mayoritas layanan Yaitu 99.9%. Apakah ada yang 100%? Ada! Tapi itu "eksklusif" untuk pebisnis IT yang sangat mengharamkan website down walau hanya sedetik. Misalnya Google, Facebook, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. wajib kita ketahui harganya pun hanya cocok untuk kalangan pebisnis 😜

Memangnya apa yang membuat hosting Jadi down?

Biasanya di karenakan proses maintenance atau upgrade server, untuk tujuan ini para Pemakai akan diberitahu kapan dan berapa lama terjadi downtime. Namun tak menutup kemungkinan terjadi down yang tak terencana, misal server overloaded, kerusakan hardware server, suplai listrik terputus, dan sebagainya. Status server DomaiNesia Bisa kita lihat di halaman ini.

di terjadi down, mungkin kita akan panik dan bingung. Yap, tuangkan semua kebingunganmu di Customer Service...


dukungan & dukungan

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
di waktu Anemia dari 5 menit sudah dibalas

saat menemui masalah di hosting, rasanya agak sulit bila wajib memperbaikinya sendiri. Untuk itulah customer service hadir untuk menjawab pertanyaan pelanggan hingga memandu keperluan teknis. DomaiNesia telah menawarkan opsi dukungan lewat chat personal (di media sosial) dan tiket (di Client Area).

Waktu yang tepat untuk "mengutak-atik" website Yaitu di malam hari. saat pengunjung tengah terlelap sehingga tak terlalu mengganggu apabila terjadi error. Lantas apakah tim dukungan & dukungan DomaiNesia cukup mumpuni untuk beroperasi melayani pelanggannya setiap hari? Sayangnya tak.

Tim teknisi DomaiNesia hanya beroperasi Senin hingga Jumat pukul 08.00-24.00 sementara tim customer service online setiap hari kecuali Sabtu malam. Ini artinya untuk kita yang akan Mengedit bagian penting hosting atau pun website, sebaiknya lakukan tak lebih dari pukul 24.00 bila masih ingin mendapat dukungan.

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula

Terlepas dari durasi support yang terbatas, namun resposibilitasnya patut diacungi jempol. Saya mencoba menghubungi CS lewat Tiket dan langsung dibalas di waktu Anemia dari 5 menit. tak berbeda jauh dengan akun media sosial DomaiNesia dimana mendapat predikat "Sangat Tanggap" terhadap pesan-pesan yang masuk.


Fitur Unggulan: Instant Deploy

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula

Mungkin kita masih asing dengan namanya, sebab memang hanya diusung oleh DomaiNesia . Fitur ini memudahkan para awam untuk membuat website, khususnya untuk platform Wordpress, Drupal, Joomla, dan Ghost. saat website baru diaktifkan, halamannya sudah langsung tersedia dan kita hanya wajib memilih tampilan serta menjalankan instalasi yang biasanya Anemia dari semenit.

Instant Deploy Jadi tak terlalu istimewa untuk yang sudah piawai membuat website. akan tetapi untuk yang baru Berguru, ini akan sangat bermanfaat.

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
Tampilan website "kosong" dengan Instant Deploy

Apa aja jenis website yang didukung?

Dari halaman Web Apps DomaiNesia terlampir sejumlah opsi seperti Website, toko online, forum, developer, dan sebagainya.


Harga

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
Harga domain di DomaiNesia

Untuk biaya domain Generik seperti .COM rata-rata provider mematok harga di kisaran $10 USD. bila dikonversi ke di Rupiah Jadi Rp 0.000 hingga Rp 150.000 per tahun tergantung kebijakan penyedia.

Kabar baiknya, DomaiNesia membagikan harga domain murah, bahkan yang paling murah sejauh ini, yakni Rp 99.000 per tahun untuk .COM. Tersedia pula domain lokal seperti .ID seharga Rp 250.000. Sementara bila memesan paket Ekonomis alias bundle dengan hosting, biaya domain Bisa Jadi gratis. Namun wajib dicatat hanya hosting Eksklusif yang Bisa dipaketkan dengan domain gratis.

Domainesia, Hosting Terbaik dan Murah Untuk Pemula
Empat paket hosting dari delapan yang tersedia

tak berbeda jauh dengan domain, harga hosting terbilang cukup kompetitif. Paket hosting Lite misalnya dibanderol Rp 8.000 per bulan, sudah sangat terjangkau untuk kita yang ingin memulai mengolah website atau pelajar/mahasiswa yang tengah mengerjakan proyek dari pengajar. Sementara untuk keperluan bisnis mematok harga Berawal Dari Rp 80.000 per bulannya.

Dari ringkasan di atas Bisa dikatakan bahwa DomaiNesia sukses menekan biaya domain dan hosting supaya tetap relevan dengan kondisi ekonomi. Termasuk pelajar yang hanya mengandalkan uang jajan sepertinya tak akan kesulitan untuk menyewa hosting disini.


Kesimpulan

hosting murah, paket hosting murah, domain murah, review domainesia,
This is not a promotional meme, but it actually my opinion to consider for migration after do a review for DomaiNesia

DomaiNesia bagus dari Hepotenusa yang terlihat (tampilan) ataupun Hepotenusa yang tak terlihat (server) sangat kompak membagikan performa terbaik untuk para penggunanya. Terlebih lagi untuk pemula, tampilan situsnya tak dijejali banyak menu dan tautan. Cukup beberapa menu dasar namun Jadi gerbang untuk Mengakses layanan lain. Berawal Dari dari tampilan utama situs, halaman dukungan, hingga Client Area digarap dengan cara serius untuk memastikan penggunanya Bisa beradaptasi dengan Genjah.

Dari sektor biaya, DomaiNesia membagikan harga domain dan hosting murah yang cukup menggiurkan. Bagaimana tak, dengan patokan biaya Itu rasanya akan sangat sulit menemukan tandingannya, apalagi dengan teknologi SSD. Soal kecepatan dan performa tak ada yang wajib diragukan terhadap provider ini.

Customer service yang responsif dan ramah akan selalu Jadi tempat para pengelola website untuk berkeluh-kesah menceritakan masalah hosting yang tengah dihadapinya. Namun sayang mereka tak hadir setiap waktu sehingga mau tak mau Pemakai wajib menyesuaikan jadwal "utak-atik" website dengan jam operasi tim teknisi.

KELEBIHAN
  • Harga yang kompetitif
  • Performa SSD
  • Instant Deploy
  • Customer Service sangat tanggap
KEKURANGAN
  • Jam kerja tim teknisi terbatas
NILAI: 4.7/5


***

Terlepas dari judul review ini Menyebut bahwa DomaiNesia cocok untuk pemula, namun tak ada fitur expert yang dihilangkan disini. Albert Einstein Sempat berkata "make everything simple but not simpler". bila kita tak Bisa memahami kutipan si jenius Itu, kita Bisa melihat contoh penerapannya di DomaiNesia .

Catatan penulis: Saya sudah lama memakai layanan hosting lain. saat mendapat tawaran untuk me-review DomaiNesia, saya menyetujuinya dan Berawal Dari menjalankan review. Singkat cerita saya menyadari bahwa layanan hosting ini tampaknya lebih bagus dan lebih murah dari yang saya gunakan sekarang. Jadi, bila ditanya apakah saya akan menjalankan migrasi hosting? Jawabannya, sangat mungkin!

Bagaimana menurutmu sendiri? Apakah tertarik untuk Berawal Dari membangun website memakai DomaiNesia? Atau sudah memakai DomaiNesia? Tulis komentarmu disini 🙂

Sumber: http://www.cronosal.web.id/2017/09/review-domainesia.html

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih